Bigbox technology update thumbnail Pengguna Internetan Mulu, Trafik Telkomsel Naik 16 Persen Saat Pemilu

Uzone.id -- Masyarakat boleh sibuk mencoblos, internetan jalan terus. Trafik data dari Telkomsel tercatat mengalami lonjakan saat Pemilu 2019 yang diselenggarakan pada Rabu kemarin (17/4).

Trafik layanan data atau payload Telkomsel tercatat berada di angka 18,5 petabyte atau mengalami peningkatan 16,3 persen dibandingkan rata-rata trafik di hari normal tahun ini.

Uniknya, gak cuma warga Jakarta aja yang pakai layanan data untuk internetan, tapi juga berasal dari wilayah-wilayah lain.

Dari keterangan yang diterima Uzone.id, tercatat trafik data tertinggi berada di Sumatra Barat dan Riau, yakni peningkatannya sekitar 28 persen. Lalu, diikuti oleh wilayah Sulawesi di angka 19,5 persen, baru Jawa Barat di angka 18,3 persen.

Tingginya aktivitas penggunaan data yang cenderung untuk mengakses berbagai layanan digital melalui koneksi internet ini mengalahkan trafik layanan

voice atau suara.

Telkomsel mencatat trafik layanan suara mengalami penurunan 10 persen menjadi 1,125 miliar menit. Gak cuma layanan suara, trafik layanan SMS juga menurun sekitar 7,8 persen menjadi 482 juta SMS dari hari biasa.

Sebelum Pemilu 2019 digelar, Telkomsel telah mengoptimalisasi jaringan di lebih dari 1.400 titik yang terdiri dari KPU Pusat, KPU Daerah, Bawaslu, TPS, dan Kantor Kepolisian dan Militer di seluruh Indonesia.

Momen nasional seperti Pemilu tahun ini berdekatan dengan momen Ramadan dan Idul Fitri, jadi kami telah menyiapkan dan memastikan infrastruktur jaringan agar selama masa tenang, Pilpres, Hari Pemilihan hingga Pengumuman, layanan komunikasi berjalan lancar dan tak ada gangguan. Lonjakan ini sesuai dengan prediksi bahwa perilaku pelanggan dalam menggunakan layanan data masih mendominasi ketimbang suara dan SMS, karena masyarakat semakin memanfaatkan layanan digital. tutur GM External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin.

(Foto: dok. Telkomsel)